Besok Giliran Warga Paniai, Intan Jaya Dan Kaimana Yang Bisa Nikmati Hari Tanpa Bayangan

(Eksperimen fenomena hari tanpa bayangan di Nabire/Foto,Medy.Tonapa)

Nabire – Setelah hari ini terjadi di Nabire, besok kamis (03/10), giliran warga Papua di beberapa kota yang dapat menikmati fenomena hari tanpa bayangan.

Sesuai tabel kulminasi utama tahun 2019 yang dikeluarkan BMKG, besok (03/10), giliran warga Intan Jaya, Paniai dan Kaimana yang bisa menikmati fenomena alam ini.

Untuk warga Intan Jaya, fenomena hari tanpa bayangan akan terjadi tepat pukul 11.41.04 Wit. Sementara untuk warga Paniai, bisa mencoba membuktikan hari tanpa bayangan tepat pada pukul 11.43.44 Wit.

Sedangkan untuk warga Kaimana, fenomena ini akan terjadi pukul 11.54.24 Wit.

Warga bisa menikmati fenomena ini, bahkan bisa bereksperimen untuk membuktikan peristiwa alam ini, menggunakan media tiang tegak lurus, maupun berdiri di tengah lapangan/halaman dibawah sinar matahari, sesuai waktu kulminasi yang ditetapkan.

Fenomena hari tanpa bayangan ini merupakan fenomena alam langka di mana matahari akan berada tepat di atas garis khatulistiwa. Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama.

(Baca Juga : BMKG Nabire Buktikan Fenomena Alam Hari Tanpa Bayangan)

Akibatnya, Indonesia pada siang hari tidak akan memiliki bayangan sama sekali. Tidak cuma itu, matahari tentu akan terasa lebih terik dari biasanya.

Hari tanpa bayangan sendiri merupakan siklus tahunan. Bayangan benda tegak akan menghilang karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari saat terjadinya kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

Jadi jangan sampai lewatkan fenonema alam ini ya, dan silahkan bereksperimen sendiri untuk membuktikan apakah bayangan kita ada atau tidak pada saat terjadinya kulminasi utama.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *