Berlubang & Sering Tergenang Banjir, Warga Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Rusak Di Nabire

Nabire – Hujan yang terjadi beberapa waktu lalu di Nabire, (05/06), mengakibatkan sejumlah titik yang berada di pusat kota Nabire tergenang air.

Sejumlah lokasi yang tergenang air dapat dijumpai di depan Polsek Nabarua, kompleks Pasar Smoker, seputaran Tugu Cendrawasih Oyehe, perempatan Pasar Karang Tumaritis, Tugu Yapis Nabire dan jalan Ampera.

Dikhawatirkan juga curah hujan cukup tinggi dengan intensitas yang lama maka genangan bisa mencapai lutut orang dewasa. Tentu hal ini akan menyulitkan bagi para pengendara roda dua maupun empat yang melintasi area tersebut.

Dengan kondisi yang sama terus menerus, tentu hal ini perlu mendapat perhatian dari semua pihak, terlebih khusus dari pemerintah daerah.

Penyebab timbulnya genangan pasca hujan diantaranya drainase yang kurang baik, saluran parit yang tersumbat, sampah.

Hal itu belum ditambah dengan badan jalan yang berlubang seperti contoh di sekitar Tugu Yapis Nabire maupun dekat Polsek Nabarua. Lubang di jalanan tersebut dengan mudah digenangi air saat hujan deras.

Cepatnya jalan tersebut rusak lantaran faktor drainase yang tidak bagus bahkan tidak ada, sehingga saat hujan datang air selalu tergenang di tengah jalan dan menyebabkan daya tahan badan jalan menjadi cepat rusak.

Warga bahkan sering mengeluhkan hal tersebut. Salah satunya Hasan. Hasan mengakui kompleks rumahnya di dekat Polsek Nabarua sering menjadi langganan banjir jika hujan berlangsung cukup lama dan deras.

“Disini selalu tergenang air. Kalau air sudah kering, jalan disini kelihatan berlubang dan banyak, hal ini berbahaya juga bagi pengguna kendaraan karena bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan”, keluh Hasan, (05/06).

Oleh karena itu, Hasan meminta kepada pemkab Nabire khususnya pejabat berwenang agar bisa memperbaiki badan jalan yang rusak serta memperhatikan faktor drainase di sekitar jalan yang rusak tersebut sehingga kerusakan tidak terjadi berulang-ulang.

[Nabire.Net/Ronaldo.L]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *