Berharap Tak Ada Lagi Permusuhan Antara Suku Dani Dengan Suku Mapia Kampung Wanggar Makmur, Suku Dani Gelar Upacara Bersih Tangan

Bertempat di kampung Wanggar Makmur, Distrik Wanggar Nabire, jumat sore, 18 agustus 2017, telah dilaksanakan Upacara Bersih Tangan, yang dilaksanakan oleh Suku Dani kampung Wanggar Makmur.

Maksud dan tujuan dilaksanakannya ritual upacara bersih tangan tersebut adalah untuk membersihkan tangan dari peperangan yang sudah terjadi.

Seperti diketahui, beberapa pekan lalu, telah terjadi pertikaian antara Suku Dani dan Suku Mapia (dibaca Suku Mee karena warga Mapia berasal dari Suku Mee, namun oleh Suku Mee di Wanggar Makmur, warga Mapia tidak diakui sebagai suku Mee, salah satunya akibat perselisihan pemilihan Kepala Kampung Wanggar Makmur, sehingga warga kampung Wanggar Makmur menyebut warga Mapia dengan sebutan Suku Mapia), akibat sengketa pemilihan Kepala Kampung di kampung Wanggar Makmur yang mengakibatkan sejumlah warga mengalami luka-luka.

Ritual adat ini dipimpin oleh Ermaluk Telenggen, Tokoh Adat Suku Dani. Dalam ritual tersebut, Ermaluk Telenggen dengan tegas menyatakan bahwa setelah perdamaian antara pihak Suku Dani dengan Suku Mapia, dirinya meminta tak ada lagi permusuhan diantara kedua belah pihak, sehingga masyarakat bisa beraktifitas secara aman.

Ermaluk juga minta agar warga suku dani tidak boleh bekerja, keluar beraktifitas hingga ada upacara pembersihan setelah ada perdamaian dengan pihak lawan setelah berperang.

Ditempat yang sama, warga juga meminta agar Bupati bisa memperhatikan kesejahteraan warga dengan melaksanakan pelayana pemerintahan dengan jujur, transparan, demokratis, dan mau menepati janjinya untuk menyelesaikan persoalan pemilihan Kepala Kampung Wanggar Makmur segera mungkin.

Acara upacara cuci tangan ini turut dihadiri oleh tokoh masyarakat dan warga kampung Wanggar Makmur, Babinsa dan Kapospol Distrik Wanggar.

Acara juga dimeriahkan dengan ritual bakar batu, oleh warga Suku Dani, dan berjalan aman dan lancar hingga selesai.

[Nabire.Net]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *