Banyak Formulir C6 Di Nabire Yang Keliru, Pastikan Jangan Sampai Salah Lokasi TPS Dengan Cara Ini

Nabire – H-1 jelang pencoblosan Pemilu 2019, banyak warga Nabire mengeluhkan formulir C6 atau surat pemberitahuan memilih yang mereka terima, tidak sesuai dengan identitas asli mereka. Nabire.Net banyak mendapatkan laporan terkait hal itu.

Steve warga Kalibobo mengeluhkan nama di formulir C6 yang ia terima tidak sesuai dengan namanya. Demikian halnya Vian warga Nabarua yang justru mendapat formulir C6 dengan nama laki-laki.

Bawaslu Nabire sendiri telah menjelaskan bahwa formulir C6 bukan undangan tapi pemberitahuan waktu pungut hitung dan waktu serta tempat pelaksanaan pemungutan suara. Jadi jika ada warga yang tidak mendapat Formulir C6, atau identitasnya berbeda dengan formulir C6 yang diterima, jangan sampai warga tersebut tidak datang ke TPS. Patokan untuk melakukan pencoblosan di TPS adalah E-KTP (KTP Elektronik) yang sesuai dengan DPT dan alamat pemilih

(Baca Juga : Penting !! Himbauan Dari Bawaslu Nabire Terkait Formulir C6 & Mobilisasi Massa Lintas TPS)

Permasalahan tidak berhenti sampai di identitas yang berbeda di formulir C6. Seperti diketahui selain identitas yang berbeda, lokasi TPS juga berbeda antara di DPT dengan formulir C6. Hal ini tentu akan membuat kebingungan warga, dimana lokasi pasti TPS-nya berada.

Hal ini dialami Desi warga Girimulyo Nabire. Desi menjelaskan bahwa lokasi TPS yang tertera di formulir C6 yang ia terima, berbeda dengan di DPT-nya.

Untuk itu, bagi warga yang identitasnya berbeda dengan formulir C6 yang diterima, silahkan pastikan terlebih dahulu lokasi TPS untuk melakukan pencoblosan esok. Bagaimana caranya ? Ada dua cara untuk mengetahui lokasi TPS yang pasti :

  • Pertama, silahkan akses situs http://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/ kemudian masukkan nama dan Nomor Induk Kependudukan yang ada di E-KTP lalu klik kotak yang bertuliskan Cari. Setelah pencarian selesai, akan tertera nama, jenis kelamin, provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan dan lokasi TPS tempat kita mencoblos. Lokasi tersebut adalah lokasi valid tempat kita mencoblos karena sudah disesuaikan dengan DPT. Pengecekan online yang sama juga bisa dilakukan dengan mendownload aplikasi KPU RI PEMILU 2019 di handphone android anda melalui Google Play

  • Kedua, lakukan pengecekan langsung DPT dan lokasi TPS kita, berikut peta lokasi TPS kita di Kantor Kelurahan/Kampung sesuai domisili kita berada. KPU Nabire telah menginstruksikan kepada seluruh petugas PPS dan KPPS untuk menempelkan DPT dan peta lokasi TPS di setiap Kantor Kelurahan/Kampung

Dengan kedua cara tersebut, kita bisa mengetahui lokasi valid atau lokasi benar TPS kita berada. Oleh karena itu, warga Nabire agar melakukan pengecekan dengan cara tersebut, untuk mengantisipasi kesalahan lokasi TPS yang ada di formulir C6.

Dengan mengetahui lebih awal lokasi TPS kita, akan memudahkan kita pada saat hari pencoblosan.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.