Balai Arkeologi Papua Gelar Sosialisasi Kepada Para Guru Di Jayapura

(Sosialisasi oleh Balai Arkeologi Papua)

Jayapura – Balai Arkeologi Papua menyelenggarakan sosialisasi Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari bertempat di ruang audio visual Balai Arkeologi Papua. Kegiatan ini diikuti oleh 32 guru sekolah SD, SMP, SMA, SMK di Kabupaten dan Kota Jayapura.

Kegiatan ini diisi pemaparan materi oleh tiga narasumber yaitu Kepala Balai Arkeologi Papua, Gusti Made Sudarmika dengan judul Pembangunan Karakter di Balai Arkeologi Papua melalui kegiatan rumah peradaban memaparkan Situs Megalitik Tutari merupakan salah satu situs penting yang menggambarkan hadirnya peradaban di Papua sejak jaman prasejarah. Melalui situs ini kita dapat mengetahui bagaimana kepiawaian nenek moyang hidup dan berkarya.

Kemudian materi berikut oleh Hari Suroto, peneliti Balai Arkeologi Papua dengan judul Situs Megalitik Tutari Untuk Generasi Milenial memaparkan kunjungan siswa ke Situs Megalitik Tutari. Dengan berkunjung ke Situs Megalitik Tutari siswa diharapkan mampu mengamati secara langsung, mendekatkan siswa dengan tinggalan Situs Megalitik Tutari dan menambah pengetahuan siswa tentang motif-motif Tutari.

Lalu Bau Mene peneliti Balai Arkeologi Papua memaparkan jenis-jenis dan teknis lomba tingkat SD, SMP, SMA, SMK, guru, mahasiswa Antropologi Universitas Cenderawasih dan mahasiswa ISBI Papua. Lomba-lomba ini akan dilaksanakan di Situs Megalitik Tutari pada 20 – 21 November 2019. Jumlah peserta untuk setiap sekolah 10 orang, diantaranya 8 siswa dan 2 orang guru pendamping. Kegiatan Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari ini diikuti oleh para siswa yang belum pernah mengikuti kegiatan tersebut. Ada yang berbeda untuk tahun ini yaitu lomba vlog dan selfie untuk siswa SMA, siswa SMK, guru SD, guru SMP, guru SMP, guru SMK, mahasiswa.



Amelia Labobar guru SMP N 2 Sentani mengatakan memberikan apresiasi kepada Balai Arkeologi Papua yang menyelenggarakan kegiatan Rumah Peradaban Situs Megalitik Tutari yang ke-3. Pada kegiatan rumah peradaban kali ini, SMP N 2 Sentani sangat senang bisa ikut kegiatan ini lagi. Kegiatan ini akan menambah wawasan siswa tentang Situs Megalitik Tutari.

[Nabire.Net/Hari,Suroto]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *