Aparat TNI/Polri Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu Di Depan Kantor KPU Nabire

Nabire – Bertempat di Kantor KPU Nabire, Rabu (13/02), telah dilaksanakan Simulasi Pengamanan Pemilu yang diikuti oleh jajaran TNI dan Polri di wilayah kabupaten Nabire.

Simulasi ini diikuti ratusan personil TNI dari Kodim 1705/Paniai, Denzipur 12/OHH, Yonif Raider 753/AVT, serta Polres Nabire. Simulasi dipimpin Pasi Ops Korem 173/PVB, Kapten Inf Gede Suayambu.

Skenario yang disimulasikan adalah pengamanan keributan massa pendukung pasangan calon karena tidak terima hasil keputusan pemilu.

Massa kemudian melakukan aksi protes sebagai bentuk ketidakpuasan keputusan Pemilu dengan melakukan pelemparan batu hingga pembakaran dan tindakan anarkis.

Terdapat tiga tingkatan kondisi skenario yang menentukan pengamanan yakni aman, agak rawan, dan rawan. Di tahap awal, diusahakan negosiasi oleh Babinsa dan Babinkamtibmas. Jika situasi mulai memanas, satuan Dalmas (Shabara) akan diturunkan. Ketika situasi sudah memasuki tahap rawan, giliran anggota gabungan TNI-Polri yang dikerahkan. Hal yang di tonjolkan dalam pelaksanaan latihan ini adalah tindakan persuasif dari pihak keamanan.

Simulasi berjalan dengan baik dan lancar hingga selesai. Tidak terdapat kerugian personil maupun materil setelah pelaksanaan, wargapun terlihat sangat antusias mendukung pelaksanaan latihan ini, setelah latihan selesai dilanjutkan dengan pelaksanaan evaluasi oleh kordinator materi.

Kegiatan ini merupakan rangkaian kesiapan kita dalam menghadapi pemilu nanti, kegiatan ini hanya simulasi yang tidak diharapkan terjadi, namun kesiapan dari pihak kemanaan kiranya perlu diasah demi terciptanya kondisi keamanan yang tertib dan aman.

[Nabire.Net]


Silahkan Komentar

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] monkey emoticons by andreasandre Modified from nartzco source code.
© 2019 Nabire.Net
Powered by Nabire.Net