Apakah Keladi & Ubi Jalar Akan Tergantikan Dengan Beras ?

(Pasar Sinakma Wamena Jayawijaya)

Jayawijaya – Sore hari duduk-duduk di luar pagar bandara Wamena, kabupaten Jayawijaya, tanpak berton-ton beras bulog diturunkan dari pesawat kargo. Apakah menu makanan penduduk di Baliem sudah berubah menjadi beras ?

Seperti diketahui, makanan pokok masyarakat Lembah Baliem dari jaman nenek moyang adalah keladi dan ubi jalar.

Terlihat dari tahun ke tahun, penjual keladi dan ubi jalar di pasar tradisional semakin berkurang. Apakah dengan kehadiran beras membuat semangat bertani dan berkebun mereka semakin berkurang ?

Ataukah terjadi penilaian bahwa beras dianggap sebagai makanan modern dan bergengsi, sementara keladi dan ubi jalar hanyalah makanan nomor dua ?

Hal ini sebenarnya tak perlu terjadi. Keladi dan ubi jalar adalah bentuk kearifan lokal masyarakat Baliem dalam hal ketahanan pangan.

Selain itu, beras pun tak bisa digunakan dalam acara bakar batu. Tak sama dengan keladi dan ubi jalar yang menjadi bahan utama dalam acara tersebut.

Oleh karena itu, perlu dikembangkan lagi bentuk ketahanan pangan lokal Papua. Sehingga ketika stok beras di gudang bulog Wamena menipis, masyarakat baliem tetap bisa makan dan kenyang dari makanan pokok mereka turun temurun yaitu keladi dan ubi jalar.

[Nabire.Net/Hari.Suroto]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *