Anggota Bawaslu Nabire Ikuti Seleksi Calon Anggota Bawaslu RI

Anggota Bawaslu Nabire Ikuti Seleksi Calon Anggota Bawaslu RI

(Anggota Bawaslu Nabire, Adriana Sahempa, S.Pak)

Nabire, Tim seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2022-2027 telah mengumumkan hasil seleksi administrasi yang dilakukan selama tujuh hari, 10 sampai 16 November 2021.

Hasilnya, dari total 868 pendaftar, 629 orang lolos ke tahap berikutnya. 352 orang lolos sebagai calon anggota KPU, dan 277 orang lolos sebagai calon anggota Bawaslu RI.

Salah satu peserta yang mengikuti seleksiĀ  calon anggota Bawaslu RI adalah Ibu Adriana Sahempa, S.Pak, yang merupakan anggota Bawaslu kabupaten Nabire. Ia bersama 5 anggota Bawaslu Provinsi Papua mengikuti seleksi calon anggota Bawaslu RI.

Dari peserta yang mengikuti seleksi tersebut, Adriana Sahempa adalah satu-satunya calon peserta perempuan Papua yang mengikuti seleksi ini.

“Timsel memperhatikan keterwakilan 30% perempuan, makanya didorong agar perempuan banyak yang mendaftar tapi setelah seleksi administrasi, hanya saya sendiri dari papua yang lolos untuk keterwakilan perempuan,” tutur Adriana kepada Nabire.Net, rabu siang (24/11).

Selanjutnya setelah seleksi administrasi, maka hari ini dan kamis esok (25/11), akan dilaksanakan tes CAT, penulisan makalah dan Psikotest, bertempat di JI EXPO Kemayoran Jakarta.

Sebagai informasi, jika dibandingkan dengan jumlah pendaftar KPU Bawaslu RI periode 2017-2022, terjadi peningkatan sebesar 69,5 persen. Pendaftar periode lalu sebanyak 512 orang.

Khusus untuk calon peserta Bawaslu, 376 orang mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu RI. 282 orang di antaranya laki-laki, dan 94 orang perempuan. Persentase perempuan pendaftar ialah 25 persen.

Dari 376 pendaftar, 277 orang lolos seleksi administrasi. Laki-laki 207 orang, perempuan 70 orang. Persentase perempuan, 25,3 persen.

Sama seperti KPU RI, calon anggota Bawaslu RI juga berasal dari seluruh provinsi. Sumatera, 58 orang. Jawa, 143 orang. Kalimantan, 17 orang. Sulawesi, 33 orang. Bali dan Nusa Tenggara, 11 orang. Maluku dan Papua, 15 orang.

[Nabire.Net]


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *