Ada Apa Dengan Kualitas Indihome Dan Munculnya Wifi.Id Di Nabire ?

Nabire – Layanan IndiHome Fiber adalah layanan digital terdepan dari Telkom Indonesia, menggunakan teknologi fiber optik yang menawarkan layanan Triple Play yang terdiri dari Internet Fiber atau High Speed Internet (Internet Cepat), TV interaktif (UseeTV), dan Telepon Rumah (Fixed Phone).

Khusus untuk kabupaten Nabire, layanan IndiHome Fiber yang dibisniskan oleh Telkom, Core-nya masih mengandalkan radio internet (IPLH) Dan atau Satelit, atau belum murni menggunakan Fiber Optik bawah laut. Namun dalam pendistribusian-nya ke costumer menggunakan kabel Fiber Optik.

Mengenal Lebih Jelas Paket Indihome Di Nabire

Diawal operasionalnya, layanan IndiHome yang ditawarkan kepada warga Nabire sama dengan layanan diberikan dari pusat yaitu 10 Mbps, tidak termasuk TV karena terbatasnya kapasitas yang dimiliki. Artinya paket yang berlaku secara nasional ini termasuk di Nabire adalah paket up to 10 Mbps.

Apa arti paket up to ? Paket up to adalah paket shared atau digunakan secara bersama-sama dengan pengguna lain, sesuai perbandingan kapasitas yang diberikan oleh setiap provider atau penyedia jasa layanan internet seperti Telkom.

Berbeda dengan paket Dedicated. Paket Dedicated adalah paket yang diberikan sesuai dengan yang dibeli atau perbandingannya 1:1. Contoh, jika seorang pelanggan membeli paket internet dengan kapasitas 1 Mbps, maka kecepatan download dan upload yang dia dapatkan sesuai dengan yang dia beli yakni 1 Mbps simetris.

Sudah barang tentu harga paket Dedicated akan lebih mahal jika dibandingkan paket up to atau share, dimana pelanggan akan untung-untungan bisa mendapat koneksi lebih cepat atau bahkan bisa lambat sama sekali, karena pelanggan harus berbagi pakai internet dengan pengguna lainnya. Sehingga jangan heran, jika sewaktu-waktu koneksi internet anda bisa cepat tapi di waktu yang lain bisa lambat.

Jika koneksi anda terasa cepat, artinya pengguna internet yang sedang mengakses internet sedikit, dan jika koneksi lambat berarti sedang banyak pengguna internet yang mengakses internet.

IndiHome sendiri menyediakan beberapa paket dengan kecepatan mulai dari 10 sampai 100 Mbps. Namun khusus untuk Nabire, diawal beroperasi, Indihome memberikan layanan 10 Mbps. Kecepatan 10 Mbps artinya pengguna akan mendapatkan kecepatan 1250 Kb/detik atau sekitar 1,2 Mbps/detik.

Selain itu IndiHome juga memberlakukan batas pemakaian wajar setiap kecepatan paket internet atau lebih dikenal dengan istilah Fair Usage Policy. Jika FUP habis maka kecepatan internetnya pun akan berpengaruh karena kecepatannya diturunkan. Hal ini diberlakukan Telkom maupun sejumlah provider lainnya karena adanya pelanggan yang menggunakan bandwidth secara berlebihan.

Warga Nabire Keluhkan Penurunan Kualitas IndiHome

Beberapa minggu terakhir, sejumlah warga Nabire mengeluhkan penurunan kualitas internet IndiHome. Jika sebelumnya mereka dapat berselancar dengan puas, namun akhir-akhir ini kecepatan internet IndiHome mulai dipertanyakan warga.

Seperti kata Steve, warga Kalibobo Nabire, pengguna Indihome. Steve mengaku akhir-akhir ini koneksi internetnya dibatasi hanya sampai 1 Mbps. Padahal sebelumnya bisa lebih dari itu.

Nabire.Net mencoba menelusuri hal ini. Belakangan Nabire.Net mendapat informasi dari pelanggan Telkom di Nabire jika ada Berita Acara Berlangganan Sambungan Telekomunikasi dari PT. Telkom Nabire yang isinya terkait paket layanan yang diberikan IndiHome di Nabire.

Dalam Berita Acara tersebut, paket layanan yang ditawarkan yaitu paket 1, 2 dan 3 Mbps namun paket tersebut disertai keterangan SBR atau Special Business Request. Artinya calon pelanggan menyetujui ketika sudah berlangganan paket tersebut, pelanggan tidak bisa melakukan costumize layanan, atau meminta kenaikan kapasitas internet selain yang diberikan dalam Berita Acara tersebut.

Beredarnya Berita Acara tersebut, secara tidak langsung berhubungan dengan penurunan kualitas internet yang dialami sejumlah pengguna IndiHome di Nabire.

Nabire.Net sendiri belum mendapatkan respon terkait hal ini dari pihak Telkom Nabire maupun area Sorong yang bertanggung jawab terhadap layanan Telkom di Nabire.

Namun berdasarkan analisa Nabire.Net, hal tersebut dilakukan pihak Telkom di Nabire karena permintaan layanan yang semakin tinggi tapi tidak dibarengi dengan kapasitas total yang dimiliki Telkom di Nabire (masih menggunakan satelit), sehingga diduga Telkom mencoba strategi lain dengan menurunkan kapasitas internetnya namun tetap bisa mendapatkan keuntungan dari pelanggan.

Namun ini hanya analisa Nabire.Net, persoalan menurunnya kapasitas internet yang sesungguhnya hanya diketahui pihak Telkom di Nabire.

Telkom Di Nabire Menyasar Bisnis Wifi.Id

Selain isu penurunan kualitas internet, warga di Nabire juga dihebohkan dengan munculnya layanan baru dari Telkom di Nabire yakni Wifi.Id.

Seperti diketahui, WiFi.id adalah layanan yang menyediakan koneksi internet WiFi unlimited, dengan didukung oleh puluhan ribu titik akses point (AP) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di Nabire sendiri, menurut keterangan warga, sudah ada 2 Akses Point Wifi.Id, yakni di Stasiun Bumi Jalan Merdeka Nabire dan di Bumi Wonorejo.

Kehadiran Wifi.Id ini mendapat respon positif dari warga Nabire yang haus akan layanan internet. Namun sebagian lainnya mengeluhkan bahwa munculnya Wifi.Id ada keterkaitannya dengan penurunan kualitas layanan IndiHome.

Diduga Telkom mencoba mengubah Market Strategy-nya dengan memanfaatkan ketidakstabilan layanan milik Telkomsel yang masih satu grup dengan Telkom, dengan menyediakan paket Wifi.Id yang terbilang sangat murah namun memiliki kecepatan menjanjikan, walaupun warga Nabire diharuskan mengakses Wifi.Id di kedua lokasi yang sudah ditentukan oleh Telkom sendiri.

Tentu hal ini sah-sah saja, tak ada yang salah dengan strategi pemasaran yang dilakukan Telkom di Nabire. Namun tentunya Telkom di Nabire harus lebih transparan dalam menjelaskan hal tersebut ke masyarakat, karena masih banyak warga Nabire yang belum memahami secara teknis apa yang dijual oleh Telkom. Yang warga tahu, apa yang mereka beli, itulah yang harus mereka dapatkan Ketika ada sesuatu yang tidak sesuai dengan yang seharusnya mereka dapatkan, sah-sah saja jika warga juga berhak untuk berasumsi sesuai yang mereka tahu.

[Nabire.Net]


One Response to Ada Apa Dengan Kualitas Indihome Dan Munculnya Wifi.Id Di Nabire ?

  1. tifffany tan berkata:

    pusing dengan kerjaan yang penghasilan nyaa segitu” aja, mari lipat gandakan penghasilan anda bersama kami , hanya modal laptop atau pun smartphone yang ada punya , anda sudah bisa jadi miliarder .. Segera hubungi Agen terpercaya kami , melalui WhatssApp : 6281231804952, BBM : E37271BF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *