13 Napi Lapas Abepura Kabur, 3 Diantaranya Napi Kelas Kakap

d

Sebanyak 13 orang narapidana dari Lapas Abepura Jayapura Papua melarikan diri jumat siang saat mengadakan kegiatan kerja bakti. Dari ke 13 Narapidana tersebut, 3 diantaranya adalah anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yaitu Derius Wanimbo (Rambo Tolikara), Kartu Kuning Telenggeng (Yogor), dan Usmin Telenggen alias Ruben Telenggen.

Seorang petugas jaga yakni Intan Hidayati mengatakan mulanya ada 2 orang tahanan keluar dari dalam tahanan pintu utama. Dua orang ini langsung memberi kode kepada napi lainnya. Sekitar 10 orang napi langsung datang dengan menggunakan pipa dan parang menuju pintu utama. Intan dan 5 petugas jaga yang kalah jumlah langsung bersembunyi di bawah meja. Para tahanan berhasil kabur.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, M.Hum, meminta keterangan dua petugas Lapas Abepura yang diserang para narapidana dan tahanan sebelum kabur dari Lapas Abepura, kemarin (8/1).

Pascakaburnya 13 narapidana binaan Lapas Klas 2A Abepura tersebut, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memarahi Kalapas Abepura Bagus Kurniawan. Kedatangan Kapolda Papua Paulus Waterpauw yang cukup mendadak di Lapas Abepura pascakaburnya 13 narapidana membuat petugas dan kalapas Abepura sempat kebingungan.

Sesaat setelah selesai mendengar penjelasan Kalapas Abepura Bagus Kurniawan tentang kronologi kaburnya 13 napi, kapolda Papua langsung memarahi kalapas Abepura di depan awak media dan petugas lapas.

Kapolda juga menanyakan bagaimana kinerja petugas lapas yang sudah kesekian kali lengah dalam menjaga warga binaan mereka. Apalagi, napi yang berhasil kabur ini adalah napi kelas kakap. Tak hanya memarahi petugas dan kalapas, kapolda Papua juga memerintahkan untuk segera memeriksa petugas lapas yang pada saat itu bertugas.

e

(Foto 3 orang narapidana dari 13 narapidana yang kabur)

Untuk mengejar narapidana yang kabur, kapolda Papua telah memerintahkan dua kompi Brimob untuk melakukan pengejaran.

Ke-13 tanahan yang melarikan diri yakni :
1) Jefran Efraim Oagay alias Elias Oagay
2) Usmin Telenggen alias Ruben Telenggen
3) Iwan Itlay
4) John Uwaga alias Inggabu Uwaga
5) Lapis Wantik
6) Derpin Togotli
7) Andinus Karoba
8) Derius Wanimbo (Rambo Tolikara)
9) Darius Doga
10) Eki Dabi
11) Feli Tabuni
12) Kartu Kuning Telenggen (Yogor)
13) Januarius Fredy Muyak.

(Dok.JP/Viva/Elshinta)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *